Thursday, July 11, 2013

6 Trik Manajemen Waktu untuk Bekerja Lebih Produktif


Nah pemilik bisnis, kemarin kita sudah belajar 10 Trik Manajemen Waktu untuk bekerja lebih produktif di sini. Kali ini saya buatkan 6 trik lanjutannya. Semoga bermanfaat:

1. Hormati waktu 

Jika anda ingin waktu menghormati Anda, maka anda harus menghormatinya terlebih dahulu.
2-time-management

2.  Priority 

Prioritaskan sesuatu yang lebih penting dari kegiatan penting yang lainnya. Kerjakan kegiatan yang skalanya penting dulu agar mereka tidak mengigit anda ketika deadline. Ingat, berhati-hati lah dengan “To Do List” Anda.
1-time-management

3. Selesaikan berdasarkan skalanya 

Kerjakan pekerjaan kita dari yang paling kecil, berangsur-angsur menjadi besar hingga goal kita tercapai semuanya.

6-time-management

4. Stop multitasking 

Multitasking (mengerjakan dua atau lebih pekerjaan secara bersamaan) memang bisa membuat anda menyelesaikan semuanya lebih cepat. Terutama jika kedua pekerjaan ini diikuti oleh deadline yang rapat. Namun lama-kelamaan, anda bisa kehilangan fokus. Apalagi jika anda tidak terlatih untuk multitasking. Maka, lebih baik kerjakan pekerjaan Anda secara berurutan.
3-time-management

5.  Gunakan sesuai porsi 

Untuk jam kerja, kita mendapat sekitar kurang lebih 8 jam per hari. Nah, 4-5 jam nya kita gunakan untuk benar-benar bekerja (focus) sedangkan sisanya kita gunakan untuk hal penting lain seperti istirahat, beribadah, dan yang lainnya.
4-time-management

6. Mencatat 

Jangan lupa untuk selalu mencatat semua kegiatan Anda. Karena apabila tidak dicatat dan hanya dipikiran kita saja, jangan salahkan semesta kalau anda sampai lupa yaa…
5-time-management
Seringkali kita belajar manajemen waktu dengan cara yang keras, misalnya dengan bekerja larut malam untuk memenuhi deadline. Padahal cara-cara keras seperti ini justru lebih destruktif bagi kesehatan kita. Lagipula waktu yang kita manage bukan malah semakin efisien, malah semakin berantakan. Nah, bagaimana menurut anda? 

No comments: